SMART CITY : KOTA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

1) RUCI MEIYANTI, S.Kom, M.Kom.

2) M. HADI PRAYITNO, S.Kom, M.Kom.

 

 

                                   

RINGKASAN

 

Diawal implementasi ICT (Information and Communication Technology) pada bidang pemerintah wilayah pemerintahan kota / daerah dikenal dengan nama e-government yang digunakan untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, dalam urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan dengan konsep SMART (Simple, Moral, Accountable, Responsible and Transparent) Government. Kemudian seiring dengan peningkatan penduduk kota dengan berbagai sarana dan fasilitas ICT baik yang dimiliki oleh pemerintahan maupun masyarakat kota maka dikembangkanlah konsep Smart City.

Smart City adalah ketika investasi modal sosial dan manusia, infrastruktur transportasi serta teknologi informasi mampu mendorong pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dan kualitas hidup yang tinggi, dengan pemanfaatan sumber daya alam yang yang bijak. Smart City adalah tewujudnya relasi antara pemerintah kota dengan kelengkapan teknologi infrastruktur kota dan masyarakat kotanya yang senantiasa mengadopsi perkembangan teknologi dalam gadget yang dimiliki (mobile technology dan lainnya).

Tidak hanya di negara-negara maju tetapi di negara berkembangpun upaya untuk dapat mencapai smart city pada pemerintahan kotanya disiapkan. Dengan berbagai fasilitas pendukung smart city yang diupayakan berdasarkan custom domain yang sesuai dengan tata kelola dan kebijakan regulasi dari wilayah setempat maka implementasi smart city dapat segera terealisir.

 Berbagai prototype Smart City bermunculan di berbagai kota besar di dunia. Hal ini membuktikan implementasi Smart City adalah hal yang tidak bisa dihindari seiring dengan perkembangan teknologi khususnya ICT yang semakin mendunia.

 

 

Kata kunci: Information and Communication Technology,  Smart City

JURNAL TERKAIT