ANALISA SISTEM INFORMASI PENILAIAN WEBSITE SMA N 3 TAMBUN SELATAN DENGAN METODE IT BALANCED SCORECARD

Itaqi Tafuzi *)

M. Hadi Prayitno, MKom*)

Budi , MKom **)

 

 

  ABSTRAKSI

 

Website sekolah merupakan sarana yang penting bagi Sekolah Menengah Atas karena sebagai standarisasi dari Dinas Pendidikan dan sebagai sarana   informasi dan komunikasi antara pihak sekolah dengan murid, pihak sekolah dengan wali murid dan pihak sekolah dengan  masyarakat. Dan ketika kita mengakses sebuah website sekolah terkadang informasi yang ada pada website tersebut merupakan informasi yang tidak update dan di website tersebut hanya menampilkan profil sekolah , serta tidak adanya sarana komunikasi yang tersedia supaya pihak dari luar sekolah dapat berkomunikasi dengan pihak sekolah sebagaimna tujuan awal dari sebuah website sekolah.  

Oleh karena permasalahan itu, perlu di adakan penilaian website sekolah yang dapat menilai website sekolah tersebut berguna atau tidak bagi suatu sekolah dan sesuai dengan tujuan website sebagai sarana informasi dan komunikasi antara pihak sekolah dengan murid, pihak sekolah dengan wali murid dan pihak sekolah dengan  masyarakat.

Dengan menilai website sekolah menggunakan metode IT Balanced Scorecard yang menilai website dari 4 perspektif, yaitu a) perspektif kontribusi pihak sekolah, b) perspektif orientasi dari pengguna website sekolah, c) perspektif keunggulan operasional website sekolah, dan d) perspektif orientasi masa depan website sekolah ini diharapkan dapat menghasilkan penilaian website sekolah yang dapat berguna untuk memperbaiki kinerja website supaya sejalan dengan tujuan website sekolah tersebut.

Kata kunci : website, kinerja, IT Balanced Scorecard.

JURNAL TERKAIT