ANALISA KESENJANGAN PROSES LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI BERDASARKAN STANDAR ISO / IEC 20000:2011 (Kasus pada PT. INSAN - Bekasi)

M. Hadiprayitno, M.Kom

 

ABSTRAK

Teknologi Informasi saat ini sudah sebagai pendukung utama tercapainya tujuan perusahaan dalam menjalankan proses bisnis, namun investasi penerapan teknologi informasi  sering mempunyai kesenjangan antara rencana dan implementasi sehingga menimbulkan Risiko kegagalan yang cukup besar. Untuk itu diperlukan suatu tatakelola teknologi informasi yang komprehensif dan terstruktur dalam proses layanannya.

Penelitian ini memberikan suatu analisa kesenjangan dalam proses layanan teknologi informasi pada PT. INSAN  berdasarkan standar ISO 20000. Standar ISO 20000 yang memiliki fokus pada service manajement digunakan karena mempunyai kompromi yang cukup baik dalam keluasan cakupan pengelolaan dan kedetailan proses-prosesnya.

 

Kata kunci: teknologi informasi, ISO 20000, Kesenjangan

JURNAL TERKAIT